Trik Meningkatkan Omzet Bisnis Kedai Kopi

Sekarang ini banyak sekali orang yang tertarik untuk berbisnis sebagai usaha sampingan. Namun kalau Anda mau berbisnis dan membuka usaha, Anda perlu menemukan peluang usaha terlebih dahulu. Ada banyak sekali sebenarnya peluang untuk memulai bisnis, salah satunya adalah dengan membuka kedai kopi atau kafe. Ini peluang usaha yang dilihat dari kebiasaan ngopi dan ngobrol orang Indonesia.

Trik Meningkatkan Omzet Bisnis Kedai Kopi

Namun ada kalanya sebuah kedai kopi mengalami kegagalan dalam usahanya, dan ada banyak sekali penyebabnya. Salah satu penyebabnya adalah menurunnya omzet pada kedai kopi tersebut. Namun kalau Anda masih mau mendapatkan keuntungan dari usaha sampingan kedai kopi Anda masih bisa kok. Bahkan Anda masih bisa mendapatkan keuntungan yang besar dari kedai kopi.
Berikut ini trik untuk meningkatkan omzet usaha sampingan kedai kopi dengan memanfaatkan peluang usaha.

Membatasi Pelanggan Laptop Hobo

Maksud dari laptop hobo adalah pelanggan yang menggunakan layanan wifi dan listrik di kedai kopi Anda secara bebas. Bukan masalah wifi dan listriknya namun mejanya. Memang semakin banyak yang berkunjung semakin baik untuk kedai kopi Anda, namun kalau ada banyak pelanggan laptop hobo maka meja akan penuh dan pelanggan yang datang semakin sedikit.

Manfaatkan In Store Display

Maksud dari in store display adalah penambahan properti supaya lebih menarik dan bisa menarik konsumen untuk membeli di kedai kopi Anda. Properti tersebut bisa berupa papan penanda atau dekorasi lain yang menarik dan Anda beri logo kedai kopi Anda. menurut penelitan, orang akan terdorong membeli meskipun tidak direncanakan jika ada sesuatu yang menarik.

Jadi Anda bisa membuat kedai kopi Anda tampilannya semenarik mungkin, sehingga bisa membuat banyak pengunjung yang tertarik. Mulai dari properti penting sampai yang sebagai dekorasi perlu Anda buat semenarik mungkin.

Pengembangan Menu di Kedai Kopi Anda

Untuk bisa meningkatkan penjualan di kedai kopi Anda, Anda perlu melakukan suatu perubahan dan pengembangan pada menu kedai kopi Anda. anda buat menu yang lebih bervariatif dan juga berbagai pilihan varian dari makanan tertentu dan Anda kembangkan supaya penjualan kedai kopi Anda bisa naik. Karena kedai kopi dengan menu yang terbatas dan hanya itu-itu saja akan membuat konsumen bosan.

Anda juga bisa menambhakan hidangan baru pada daftar menu kedai kopi Anda, atau mungkin juga menu khusus dan menu spesial. Karena karakteristik orang itu selalu ingin mencoba hal baru, dan ini bisa Anda manfaatkan untuk menaikkan penjualan. Lebih baik lagi kalau respon pembeli positif dan suka dengan menu baru pasti mereka akan kembali lagi membeli menu di kedai kopi Anda.

Pelayanan yang Baik Kepada Pelanggan dan Berikan Diskon

Supaya Anda memiliki relasi yang baik dengan pelanggan dan supaya pelanggan mau kembali lagi ke kedai kopi Anda maka Anda harus melakukan pelayanan yang baik.  Selain gaya bicara yang sopan Anda gunakan gaya komunikasi yang menguntungkan Anda dengan membuat pelanggan membeli minuman ukuran besar namun secara halus saja dan jangan terlalu agresif.

Baca Juga : Membaca peluang usaha bisnis fashion

Kemudian Anda bisa menawarkan diskon kepada pelanggan ketika pelanggan mau menambahkan item pada pesanan mereka. Dan itu bisa Anda lakukan untuk meraup keuntungan lebih banyak. Karena pelanggan membeli item pesanan yang besar dan harganya terntu lebih mahal.

Buat Acara Menarik di Kafe Anda

Supaya Anda bisa menarik pengunjung, maka Anda perlu pancingan supaya pengunjung datang. Itu bisa Anda lakukan dengan membuat acara yag menarik di kafe Anda seperti acara musik, pembacaan puisi, perkumpulan komunitas, pameran, dan berbagai acara lainnya yang sekiranya bisa menarik perhatian pelanggan supaya mampir dan membeli di kedai kopi Anda.

Dan supaya lebih banyak pelanggan yang datang, Anda perlu melakukan promosi untuk acara kedai kopi Anda. ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk promosi, bisa melalui media sosial, atau dengan memasak papan di depan kedai kopi, atau Anda juga bisa menggunakan media massa seperti koran dan radio. Anda tarik pelanggan sebanyak mungkin supaya lebih banyak orang tahu kedai kopi Anda.

Itulah beberapa trik yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan omzet penjualan dari bisnis kedai kopi.

0 comments