Kiat-kiat Bisnis Jual Beli Elektronik Bekas

Barang bekas atau second bukan berarti setelah dipakai lantas nilainya tak ada lagi. Untuk yang pandai melihat peluang, barang bekas pun bisa menjadi menguntungkan. Apalagi memanfaatkan barang bekas elektronik, jika tahu cara memaksimalkannya jadi sebuah sumber usaha maka akan mendapatkan untung. Terlebih lagi di kalangan masyarakat kita, barang bekas layak pakai masih diperhitungkan. Barang bekas bila di poles sedikit saja dengan kreativitas, ia akan tampak baru bahkan lebih orisinil. Melihat peluang usaha tersebut, kita bisa saja mencoba bisnis jual beli elektronik bekas sebagai sumber pundi-pundi kita.

Gambar terkait
 
Dari harga beli awal dari sebuah barang bekas yang cukup murah, kita bisa mendapatkan keuntungan berlipat-lipat dengan usaha dan tips untuk menjalankan bisnis ini. Di Jakarta, Bandung dan beberapa kota besar lainnya, sebagian para pelaku bisnis barang bekas mampu membuka tokonya sendiri. Bahkan untuk membuka lapak online sekarang ini pun sangat mudah. Sehingga kemungkinan jalannya dan berkembangnya usaha barang bekas, masih terbuka lebar.

Lantas apa yang perlu direncanakan untuk mendukung bisnis jual beli elektronik bekas untuk berdiri? Berikut ulasan kiat-kiatnya:

Fokuskan satu kategori barang saja yang dijual

Dalam hal ini kita sudah tentu tahu fokus ke barang apa, yaitu barang elektronik bekas. Menentukan satu jenis barang, bisa membantu kita untuk fokus dan ahli dalam satu bidang. Juga lebih mudah mensegmentasi sasaran pasar kita dan bagaimana strategi yang musti dilakukan.

Harga yang ditawarkan masuk akal

Karena bisnis kita adalah jual beli barang bekas, kita haruslah realistis dalam memberikan harga. Paling tidak hargai barang-barang bekas kita dengan harga miring meski terkadang kondisi barangnya masih setara dengan yang baru.

Perhatikan kondisi barangnya

Haruslah yang di jual itu masih layak pakai, dan jika kita temukan kecacatan di barangnya, jujurlah pada calon pembeli.

Banyaklah hunting barang bekas
Selain memperhatikan barang bekas yang dijual, kita juga perlu mencari tempat strategis sebagai lokasi penjualan atau di bukanya toko. Sama seperti bisnis-bisnis lainnya, bisnis barang elektronik bekas juga membutuhkan lokasi yang mana calon pembeli bisa dengan mudah menemukan atau datang ke toko kita. Setelah kita menemukan tempat yang pas dan mudah dijangkau, ada baiknya mendekor toko kita dengan tampilan yang menarik, unik tapi rapi. Agar pengunjung yang datang merasa nyaman.

Menjual barang-barang elektronik bekas, susah-susah gampang pada awalnya, namun dengan kegigihan dan tahu bagaimana mempromosikannya, bisnis jual beli elektronik bekas kita pastinya akan lebih dikenal dan makin sukses. Sebagai tips terakhir bisnis barang elektronik bekas adalah promosi. Melakukan promosi bisa dilakukan dengan berbagai cara konvensional seperti menyebar brosur, memasang banner dan spanduk. Untuk yang lebih modern dan praktis bisa lewat website atau maksimalkan akun medsos kita.

0 comments