Tips Sederhana yang Bisa Anda Lakukan Agar Terbebas dari Insomnia

Insomnia merupakan salah satu gaya hidup yang tidak sehat. Insomnia sendiri adalah gejala atau kondisi pada seseorang yang mengalami kesulitan untuk tidur atau tidak bisa tidur dalam waktu yang cukup lama sesuai dengan waktu yang dibutuhkan oleh tubuh meskipun memiliki kesempatan untuk melakukannya. Susah tidur atau insomnia biasanya menghinggapi kaum urban, terutama para pekerja. Namun hal itu tidak menutup kemungkinan menghinggapi beberapa orang tertentu dari kalangan lainnya. 

Hasil gambar untuk insomnia
Jika insomnia dibiarkan berlarut-larut maka akan berpengaruh buruk pada kesehatan, seperti mempengaruhi kesehatan kulit, depresi, dll. Bahkan dari hasil penelitian, bisa meningkatkan resiko kematian. Penderita insomnia juga cenderung mengalami peningkatan berat badan atau obesitas. Selain itu mudah sekali menjadi pelupa dan penurunan daya konsentrasi. Melihat banyaknya dampak buruk dari insomnia, tentu sesegera mungkin para penderita berupaya untuk menghilangkan pola tidur insomnia ini. Agar terbebas dari insomnia, berikut ini ada beberapa tips sederhana yang bisa dilakukan, antara lain:

Melakukan olahraga secara teratur

Untuk mengatasi insomnia, olahraga dinilai menjadi solusi terbaik. Rutinitas olahraga yang dilakukan tidak boleh sembarangan, karena terlalu kurang atau terlalu sering juga berakibat tidak baik. Anda bisa melakukan latihan olahraga rutin paling tidak 3x seminggu. Latihan kardio, seperti jalan kaki, berenang, berlari, atau bersepeda bisa menjadi pilihan jenis olahraga yang bisa dijalankan. Jenis olahraga ini memiliki frekuensi dan irama yang teratur sehingga kerja jantung tidak terlalu berat.

Menciptakan tempat tidur yang nyaman


Insomnia biasanya tidur dengan pola yang tidak teratur. Untuk itu perlu melatih waktu tidur yang teratur dan cukup untuk penyembuhannya. Untuk menunjangnya, maka menciptakan ruangan tempat tidur yang nyaman perlu diperhatikan. Anda bisa mendekorasi kamar dengan warna cat dinding yang membuat hati nyaman, kasur yang nyaman, hingga kondisi kamar yang terawat. Tak lupa perhatikan sirkulasi udara dalam kamar. Aliran udara segar yang keluar masuk melalui ventilasi akan membuat hidung terasa nyaman dan lega.

Kurangi cahaya berlebihan


Mata akan sulit terpejam saat berada di ruangan dengan cahaya yang terlalu terang, hingga berakibat insomnia. Pada beberapa orang, cahaya terang lampu juga bisa memicu sakit kepala yang akhirnya berimbas susah tidur. Untuk itu sebaiknya kurangi cahaya berlebih agar tidak mengganggu saat akan tidur.

Makan malam lebih awal


Sebaiknya makan malam tidak kurang dari 3 jam sebelum tidur, dengan tujuan agar makanan bisa tercerna sempurna dan bisa tidur dengan nyenyak. Makanlah makanan dengan kandungan protein tinggi sebelum tidur, seperti susu hangat. Kandungan triptofan dalam makanan tersebut bisa membuat tidur dengan mudah.

Mengganti gadget dengan buku

Radiasi gadget yang dipancarkan melalui gelombang elektromagnetik akan mengganggu aktivitas sel otak. Sehingga tak heran saat bermain gadget, seseorang tidak akan mengantuk justru malah semakin segar. Alihkan kesibukan terhadap gadget dengan buku, novel, atau majalah. Karena otak dan pikiran Anda akan lebih rileks dan mudah untuk tidur.

0 comments